Berkarir Sebagai Human Resources Officer (HR Officer)

Apa level karir awal seorang karyawan untuk jabatan di bidang HRD? Jawabannya adalah Human Resources (HR) Officer.  HR Officer di sebagian besar organisasi struktur HR perusahaan sama levelnya dengan  dengan istilah lainnya seperti HR Staff, Junior HR, HR Admin, dan lain-lain.  Apabila anda ingin bekerja di bidang SDM, minimal anda harus mengetahui dan memahami career path HR di dunia kerja. Hal inilah yang nantinya akan membantu anda dalam memetakan & mengarahkan kompetensi anda di dunia HR. Kita tahu bahwa dunia HR merupakan fungsi yang fundamental yang berdasar pada praktek dilapangan. Sehingga tidaklah cukup hanya mengandalkan kecakapan akademis saja seperti latar pendidikan yang kita miliki.

Di dalam career path HR untuk perusahaan global tentu saja memiliki fungsi spesifik yang menuntut kompetensi yang berbeda di masing-masing fungsi tersebut, oleh karena itu membutuhkan kecakapan khusus untuk leveling (contoh: specialist).

Sebelum masuk ke penjelasan masing-masing kompetensi, mari kita lihat dulu contoh career path HR secara sederhana diatas tersebut.

Dari gambar tersebut dapat dilihat bahwa HR Officer adalah level karir pertama (awal) seorang yang ingin berkarir di bidang HR.  Secara struktural HR Officer adalah posisi level staff yang dipersiapkan untuk mendukung dan melaksanakan segala aktivitas administrasi bidang.  Kompetensi HR Officer lebih kepada generalist, membutuhkan pengetahuan yang luas namun tidak terbatas pada spesifik fungsi tertentu.  Seorang HR Officer dituntut memiliki pengetahuan konseptual dari fungsi-fungsi perekrutan, training, kepersonaliaan, penilaian karyawan, sampai dengan administrasi karyawan keluar.

Kompetensi untuk HR Officer lebih multi-skill dengan berbagai latar belakang pendidikan dan nantinya akan disesuaikan dengan pengembangan dimasing-masing fungsi leveling diatasnya. Fungsi level mana? Misalnya untuk lulusan dengan latar belakang psikologi tentu saja akan lebih sesuai untuk dipersiapkan dalam mendukung aktivitas tugas dan fungsi rekrutmen.  Kemudian lulusan dengan latar belakang hukum yang nantinya akan dipersiapkan untuk mendukung fungsi legal ketenagakerjaan,  atau lulusan dengan latar belakang teknik informatika yang bisa ditempatkan pada fungsi  HRIS (Human Resources Information System).

Berkarir sebagai HR Officer, maka kompetensi utama yang harus dimiliki adalah implementasi sistem Human Resources Management System (HRMS)? Pengetahuan konseptual yang harus dipahami oleh HR Officer mulai dari visi dan strategi HRM serta proses implementasi dari sistem rekrutmen sampai dengan sistem terminasi.,

HR vision tentu saja berkaitan dengan corporate vision, mission and values, sedangkan HR strategic, mencakup Planning , Utilizing, Developing, Rewarding, Maintaining, Terminating

Oleh karena itu aktivitas HR didalam sebuah organisasi tidak bisa lepas dari jalannya sistem HRMS yang didesain secara berkesinabungan untuk mengoptimalkan peran individu, tim dan organisasi secara efektif, efisien, dan optimal sesuai dengan tujuan strategis perusahaan.