Outbound Team Building Training

Mengapa perlu membangun tim?

Tim adalah sekelompok ataupun sekumpulan orang yang dibentuk untuk mencapai suatu tujuan. Tim dapat bersifat sementara, atau tidak terbatas untuk jangka waktu yang lama. Tim yang efektif didalamnya terdapat peran dan dinamika yang positif untuk mencapai suatu tujuan. Pada sebuah tim tentu saja tidak lepas dari orang-orang yang berbagi tanggung jawab, bekerja menjalan aturan main/instruksi, terdapat unsur-unsur bakat, pengetahuan, dan pengalaman kolektif yang dibawa oleh masing masing anggota tim. Oleh karena itu maka diperlukan keterpaduan tim dengan komponen di dalamnya yang dapat menyatu untuk mencapai satu tujuan bersama.

Tim yang efektif dan solid?

Merupakan model pelatihan dengan media alam terbuka sebagai pendekatan yang praktis dalam menumbuhkan kohesivitas tim di dalam kelompok maupun organisasi. Pendekatan outbound secara praktis telah banyak dimanfaatkan oleh organisasi maupun perusahaan perusahaan sebagai media pengembangan SDM sebagai bagian dari optiimalisasi diri. Model outbound sangat praktis diterapkan untuk kalangan personal maupun untuk pengembangan organisasi. Hal tersebut disesuaikan dengan ranah kebutuhan. Seperti yang diungkapkan dalam Ancok (2003), model pengembangan SDM melalui pendekatan outbound sangat komprehensif dalam simulasi berbagai aspek, diantaranya:

  1. Metode outbound adalah sebuah simulasi kehidupan yang komplek yang dibuat menjadi sederhana.
  2. Metode outbound management training (OMT) menggunakan pendekatan metode belajar melalui pengalaman (experimental learning).
  3. Metode OMT didesain dengan konsep kegembiraan, dan kesenangan dalam menjalankan aktifitas ini. Model pelatihan yang fun, namun adanya pemaknaan dalam aplikasi pengembangan diri maupun konteks dunia kerja.

Target Kompetensi Tim

  1. Pembentukan tim.
  2. Pengenalan anggota tim.
  3. Menentukan tujuan/target tim.
  4. Mengelola dinamika tim.
  5. Pemecahan masalah.
  6. Menciptakan tim yang kompetitif.
  7. Elaborasi tim.

Dengan didukung oleh profesional psikolog industri dan organisasi, kami selalu berperan sebagai partner strategis dalam penyelarasan dan pengembangan SDM secara struktural, obyektif dan dinamis berbasis kompetensi dalam melejitkan potensi SDM untuk kemajuan organisasi di masa mendatang.

Apabila di Perusahaan Bapak/Ibu bekerja membutuhkan Trainer Outbound Team Building Training untuk pengembangan SDM, silahkan dapat mendiskusikan dengan kami untuk membantu pelaksanaannya. Semoga dapat bekerja sama dan bermitra dengan Perusahaan tempat Bpk/Ibu bekerja. Terima kasih.